Peran Penting Tidur Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Fisik dan Mental

Tahukah Anda bahwa pada saat bangun tidur, perasaan yang timbul merupakan manifestasi dari apa yang terjadi pada saat tertidur. Pada masa istirahat ini tubuh tetap bekerja untuk merawat kesehatan fisik dan memberikan dukungan kepada sel dan jaringan otak untuk meningkatkan kesehatannya. Tidur bagi anak-anak dan remaja bahkan dapat mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental mereka.

Kekurangan tidur dapat berpotensi membahayakan bagi siapa pun yang mengalaminya seperti tiba-tiba terjatuh, pingsan serta kecelakaan. Bahkan bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat seperti pelajar, mahasiswa, dan karyawan kurang tidur sangat berpengaruh pada cara belajar, berpikir, bergaul, dan bereasi.

Berikut ini beberapa peran tidur dalam mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental, diantaranya adalah :

–       Otak  berfungsi dengan sehat dapat membuat emosi terkontrol

Tidur malam yang cukup dapat meningkatkan kemampuan berpikir,sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar atau bekerja. Dengan kualitas dan kuantitas tidur yang baik maka kemampuan memecahkan masalah yang kompleks, membuat keputusan, serta menjadi kreatif dapat lebih optimal

–       Memaksimalkan kesehatan fisik

Tidur sangat bermanfaat terhadap kesehatan fisik karena dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit, memperbaiki kinerja jantung, dan memperbaiki fungsi pembuluh darah. bagi anak-anak dan remaja tidur bahkan dapat memicu peningkatan produksi hormon yang dapat memperbaiki sel dan jaringan tubuh, meningkatkan pertumbuhan otot dan tubuh secara keseluruhan pada masa pubertas atau subur.

–       Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Pada saat tidur tubuh mengalami proses regenerasi dan menjaga sistem metabolisme tubuh Anda tetap berjalan dengan maksimal. Bila kurang tidur terjadi terus menerus maka sistem metabolisme tubuh akan tidak sempurna dan dapat sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang fisik dan mental

–       Meningkatkan potensi kinerja dan keselamatan

Kualitas dan kuantitas tidur yang cukup akan sangat membantu siapa pun untuk beraktivitas lebih prima sepanjang hari. mereka yang kurang tidur biasanya menjadi kurang produktif baik di sekolah maupun ditempat kerja. Kurang tidur dapat mengakibatkan Anda tidak dapat mengontrol rasa kantuk (microsleep) dengan baik.

Saat seseorang mengalami kesulitan dalam mengontrol microsleep maka tubuhnya akan lambat dalam bereaksi terhadap apapun yang terjadi disekitarnya, terlambat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, serta berpotensi menciptakan banyak kesalahan. Terutama bagi mereka yang bekerja sebagai sopir dan pekerja bangunan tidak konsentrasi sedikit saja maka dapat berpotensi membahayan diri sendiri dan orang lain disekitarnya.

Selain tidur malam yang cukup di masa pertumbuhan tidur siang juga sangat dibutuhkan bagi anak-anak dan remaja karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental menjadi lebih sehat. Bila suatu saat Anda dihadapkan pada realitas dimana ada masa-masa yang menuntut Anda untuk begadang seperti pada saat menyusun laporan akhir bulan atau pada saat akan menghadapi ujian maka ada baiknya bila Anda “menabung tidur”, dimana Anda bisa tidur lebih banyak dihari sebelumnya karena tidur ternyata juga dapat memberikan manfaat positif pada 24 Jam sesudahnya.

(Sumber : mentalhealth.org.uk , ncbi.nlm.nih.gov )

Lihat Juga :

Promo Kasur dan Spring Bed Dari Merek-Merek Terbaik Kepercayaan Anda

Diskon Dimulai Dari 40% – 50% : HEMAT Jutaan Rupiah

( Bergaransi Resmi Pegas 12 – 15 Tahun, 100% Produk Baru )

Daftar Harga Diskon Kasur Airland  :

” Diciptakan Oleh Dokter dan Chiropractor Untuk Kesehatan Tidur Optimum Anda “

tempat tidur spring bed Airland Chiropedic Qi

Harga Diskon dan Katalog Comforta Spring Bed :

Comforta Bed Luxury Choice

Harga Diskon dan Katalog Elite Spring Bed :

Elite Continental

[quote text_size=”medium”]

Mengapa Galleria Furniture ?

[/quote]

Kumpulan TESTIMONI Otentik Galleria Furniture :

toko furniture murah bandung-testimoni

>>> ( KLIK Disini Untuk Melihat Lebih Banyak TESTIMONI Kami )

Beberapa Awards Bergengsi Dari Berbagai Lembaga Terkait :

Galleria Furniture bandung

(KLIK DISINI Untuk Melihat Lebih Banyak AWARDS Prestigious Galleria Furniture )

>> Atau, Segera Kunjungi Kami Pada Alamat ini, dan BUKTIKAN Kebenaran Seluruh Isi TESTIMONI Kami :

  • Alamat : Jl. Jend. A. Yani No. 598 – 600. Bandung.
  • Telp : (022) – 720 8300 , Hp / WhatsApp : 0821 285 37731
  • PIN BB : 29E84589 , 276494FC ( WhatsApp Recommended )